Subscribe:

Pages

Kamis, 25 Agustus 2011

domain dan subdomain

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan Internet. Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang. Nah, oleh karena itu digunakanlah domain untuk mempermudah pengguna untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya.

Sebagai contoh: www.jembelisme.com dengan alamat IP Address: 66.96.145.109
www.jembelisme.com di atas merupakan nama domain. Jadi untuk mengakses website Jembelisme Media ini cukup mengetikkan www.jembelisme.com atau jembelisme.com pada address bar web browser yang Anda miliki.

Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain. Ada 2 kelompok utama dalam TLD, yakni country code top-level domains (ccTLD) dan generic top-level domains (gTLD). Country code top-level domains (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dan masih banyak lainnya. Sedangkan generic top-level domains (gTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang digunakan secara umum seperti .com, .mil, .net, .gov, .edu, .asia, .info ,.org dan masih banyak lainnya. Hingga tahun 2010, terdapat lebih dari 21 gTLD dan 250 ccTLD.
Second Level Domain (SLD)
Second Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Agar Anda tidak menjadi bingung, saya akan memberikan contohnya, jembelisme.com . Nah, kata jembelisme ini merupakan Second Level Domain (SLD), sedangkan .com merupakan Top Level Domain (TLD).
Lower Level Domain
Lower Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri SLD. Lower Level Domain dapat dibagi lagi menjadi Third Level Domain, Fourth Level Domain, Fifth Level Domain, dan seterusnya. Namun hal ini sangat jarang. Kebanyakan nama domain hanya sampai SLD saja.

Subdomain
Selain domain, dikenal juga subdomain. Subdomain adalah domain yang berada dibawah sebuah domain. Jadi satu domain, bisa memiliki beberapa subdomain. Jika dianalogikan dalam file manager, domain merupakan sebuah direktori, dan subdomain merupakan sub direktori.
Agar mudah membayangkannya, coba anda perhatikan tabel dibawah ini!

Domain

belajar-sendiri.com

Subdomain
lagu.belajar-sendiri.com


Subdomain dari belajar-sendiri.com, dimana kontennya berisi tentangi informasi mengenai musik
proyek.belajar-sendiri.com


Subdomain dari belajar-sendiri.com, dimana kontennya berisi tentangi informasi mengenai proyek Belajar Sendiri
tumblr.belajar-sendiri.com


Subdomain dari belajar-sendiri.com, dimana kontennya berisi mini feed dari blog Belajar Sendiri
Untuk memperoleh subdomain, tidak seperti pada saat kita ingin memiliki domain, dimana jika ingin memiliki domain kita harus melakukan pendaftaran dulu. Jika kita sudah memiliki domain, maka kita bisa sesuka hati membuat subdomain sesuai dengan kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar